5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Skincare

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Skincare – Merawat kulit dengan menggunakan skincare setiap hari sudah menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Tidak hanya wanita, pria dan wanita pun sudah mulai menyadari pentingnya perawatan kulit. Alasannya banyak, seperti ingin mengatasi masalah kulit, meningkatkan rasa percaya diri, dan ada juga yang sekadar mengikuti tren.

Apapun alasannya, tentu harapan setiap Menggunakan Skincare adalah mendapatkan kulit yang sehat dan glowing. Nah, kalau Anda merasa kulit kamu nggak glowing, malah jadi kusam, muncul jerawat, makin kering atau makin berminyak setelah pakai skincare, mungkin selama ini kamu melakukan kesalahan seperti di bawah ini.

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Skincare

Tidak Cocok Untuk Jenis Kulit

Hal yang paling mendasar untuk memulai perawatan kulit adalah kenali dulu jenis kulit Anda. Karena jika Anda menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, tentunya masalah kulit Anda tidak akan pernah terselesaikan bahkan bisa menimbulkan masalah kulit baru. Perhatikan juga apakah pemilik kulit sensitif atau bukan, agar bisa lebih cermat dalam memilih bahan skincare yang aman.

Konten Yang Tidak Cocok

Tidak semua bahan skincare yang cocok untuk orang lain akan cocok juga dengan kulit kita, karena kulit setiap orang memang berbeda. Breakout setelah beberapa hari hingga beberapa bulan setelah pemakaian bisa menjadi tanda bahwa kulit Anda tidak cocok dengan kandungan di dalamnya. Bagi pemilik kulit sensitif, gejala seperti kemerahan, perih, gatal atau panas dapat muncul segera setelah menggunakan produk.

Jangan Menggunakan Skincare dengan Perubahan Produk Yang Terlalu Sering

Saat ini banyak sekali produk skincare yang menjanjikan hasil instan, membuat kita tergiur untuk mencoba berbagai produk karena tidak sabar. Padahal kulit butuh waktu untuk beradaptasi dengan setiap kandungan dalam skincare. Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa masalah kulit yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sembuh, salah satunya adalah jerawat.

Urutan Penggunaan Yang Salah

Beragamnya jenis produk skincare terkadang membuat kita bingung untuk menentukan urutan pemakaiannya. Urutan yang tidak tepat akan membuat bahan aktif dalam skincare tidak terserap dengan baik. Oleh karena itu, jika urutannya salah, tentu tidak akan memberikan efek maksimal pada kulit. Ingat Anda, aplikasikan produk dari yang teksturnya paling cair sampai yang paling kental.

Malas Pakai Sunscreen

Berapa pun step skincare yang kamu terapkan, jika kamu tidak menggunakan sunscreen di step terakhir rutinitas pagimu, jangan harap akan bermanfaat alias sia-sia! Jadi selalu gunakan tabir surya setiap hari, meski Anda hanya beraktivitas di dalam ruangan. Jangan lupa untuk mendaftar ulang setiap 2 jam.

Ciri Menggunakan Skincare Tidak Cocok di Kulit

Kulit Merah Dan Kering

Produk perawatan kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan/atau kering mengindikasikan iritasi dan harus dihentikan. Ketika kulit meradang, dapat menyebabkan kondisi yang tidak diinginkan, termasuk bintik merah yang sulit dihilangkan. Jika suatu produk membuat kulit Anda gatal, kemungkinan besar Anda alergi terhadap salah satu bahannya.

Kulit Yang Gatal

Rasa gatal ringan sebenarnya wajar terjadi saat menggunakan produk perawatan kulit, apalagi produk tersebut memiliki fungsi eksfoliasi. Namun, jika rasa gatal yang terjadi sangat mengganggu, ini tandanya produk tersebut tidak cocok untuk Anda. Cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare adalah dengan mencoba menggunakan satu persatu untuk memastikan produk mana yang tidak cocok.

Rasa Panas Dan Menyengat saat Menggunakan Skincare

Rasa panas yang cukup normal jika hanya berlangsung sekitar satu menit. Jika sensasi terbakar dan perih terus berlanjut, Anda mungkin alergi terhadap bahan dalam produk tersebut. Kondisi ini dikenal dengan istilah dermatitis kontak, yaitu peradangan pada kulit akibat paparan alergen atau iritan.

Muncul Ruam Kulit

Ruam dapat disebabkan oleh banyak faktor, tetapi juga merupakan indikator besar reaksi alergi akibat penggunaan produk kecantikan yang tertentu. Formula makeup dan skincare yang tidak sesuai dengan kulit dapat menyebabkan alergi hingga ruam yang bersifat iritasi dan terlihat pada kulit.

Baca juga : <strong>Beberapa Tips Memakai Kosmetik Untuk Ibu Hamil</strong>

Ruam kulit dapat disebabkan oleh bahan pengawet dan wewangian yang terdapat pada produk kecantikan. Untuk mempercepat penyembuhan, beralihlah ke produk hipoalergenik ringan hingga peradangan kulit berhenti. Selain itu, cobalah untuk tidak menggaruk area yang gatal, dan jangan melakukan eksfoliasi secara kimiawi atau manual sampai area tersebut benar-benar sembuh.

Demikian ulasan tentang, Kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan skincare. Semoga bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *