Kesalahan Merawat Kulit Bisa Menyebabkan Jerawat

Kesalahan Merawat Kulit Bisa Menyebabkan Jerawat – Selama ini, ada kesalahpahaman umum bahwa kulit yang kotor adalah penyebab utama jerawat. Belum tentu! Salah satu penyebab utama jerawat adalah produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit terinfeksi. Tampilan kulit berminyak seringkali menggoda kita untuk mencuci muka dan menggunakan formula anti minyak yang berlebihan pada kulit.

Ternyata, membuat kulit terlalu kering justru memicu produksi minyak berlebih, karena reaksi otomatis kulit yang kehilangan hidrasi adalah mengeluarkan minyak untuk melembabkannya. Jadi, cobalah pembersih ringan bebas alkohol untuk sehari-hari dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembap untuk menjaga hidrasi alami pada kulit. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang bersih dan sehat? Semua orang menginginkannya, termasuk Anda.

Seperti yang kita ketahui, kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia. Sudah seharusnya bagi kita untuk menjaga kesehatannya. Namun, tanpa kita sadari, upaya merawat kesehatan kulit terkadang tidak berjalan sesuai harapan. Fatalnya, usaha ini justru bisa menimbulkan jerawat. Nah, untuk itulah kamu perlu mengetahui Kesalahan Merawat Kulit bisa menyebabkan jerawat, berikut ini agar kamu bisa menghindarinya.

Kesalahan Perawatan Kulit Bisa Menyebabkan Jerawat

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka adalah kunci utama dalam menjaga kebersihan kulit. Tapi perlu hati-hati, GenK! Terlalu sering mencuci muka dengan sabun dapat membuat kulit menjadi kering. Tak hanya itu, kandungan kimia pada sabun juga dapat membunuh bakteri baik pelindung kulit. Hal ini dapat mempermudah bakteri penyebab jerawat untuk menginfeksi kulit Anda.

Mencuci Wajah Menggunakan Air Panas

Pernahkah Anda mencuci muka dengan air panas? Ternyata banyak orang yang beranggapan bahwa mencuci muka dengan air panas dapat membersihkan pori-pori hingga ke dalam. Padahal, hal ini justru bisa membuat kulit Anda kering bahkan iritasi dan berjerawat.

Menggosok Kulit Terlalu Ketat

Apa pun jenis kulit Anda, jangan pernah menggosok kulit hingga terasa seperti tertarik! Alih-alih membersihkan GenK, menggosok kulit terlalu keras justru bisa mengurangi elastisitas kulit. Ini adalah salah satu faktor penyebab jerawat.

Mengenakan Make Up Saat Berolahraga

Beberapa produk kosmetik dipercaya dapat menutup pori-pori kulit. Anda bisa menganggap ini sebagai hal yang menggembirakan karena dapat membantu menyamarkan pori-pori. Namun hal ini juga bisa berdampak negatif saat Anda melakukan aktivitas fisik. Bayangkan saja saat Anda berolahraga, pori-pori Anda tertutup make up dan keringat tidak bisa keluar. Nah, apakah Anda bisa menebak dengan benar? Pori-pori yang tersumbat ini dapat menyebabkan jerawat.

Tidak Membersihkan Sebelum Tidur

Lelah jangan dijadikan alasan untuk tidak mencuci muka sebelum tidur. Pada siang hari kulit Anda menghasilkan minyak dan menyerap kotoran di permukaan kulit. Jika tidak dibersihkan, bisa mengundang bakteri dan menimbulkan flek hitam. Pastikan Anda menghapus semua make up sebelum tidur dengan pembersih, lanjutkan menggunakan toner untuk menghilangkan sisa kotoran secara menyeluruh.

Tidak Pernah Mengeksfoliasi

Eksfoliasi atau peeling adalah pengangkatan sel kulit mati. Jika kulit mati tidak dihilangkan akan menumpuk di permukaan kulit Anda dan menyumbat pori-pori Anda menyebabkan komedo dan noda. Exfoliator yang lembut akan membantu mengangkat sel kulit, atau menggunakan alat pembersih (seperti SkinPro Cleansing System [DB1]).

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Susu Dan Produk Derivatifnya

Bagi sebagian orang, susu adalah penyebab utama lipatan kulit di bawah dagu dan sepanjang garis rahang. Meski teori bahwa susu memiliki penyebab belum sepenuhnya terbukti, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengurangi konsumsi susu dan turunannya (keju, mentega, dll) selama beberapa minggu ke depan untuk melihat apakah jerawat Anda berkurang.

Menggunakan Skincare Set Untuk Remaja

Banyak produk yang berfokus untuk mengobati jerawat remaja, hadir dengan formula yang lebih keras dan kering. Jenis produk ini terlalu keras untuk digunakan pada kulit remaja. Saat kulit mengalami dehidrasi, reaksi alaminya adalah mengeluarkan lebih banyak minyak, yang pada gilirannya dapat menimbulkan noda pada wajah.

Baca juga : <strong>Beberapa Tips Membangun Bisnis Skincare Dan Kosmetik Yang Menguntungkan</strong>

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai usia dan dikemas dengan antioksidan bebas minyak. Produk yang mengandung salicylic acid (seperti BioClinic Adult Skin anti-Breakout) dapat membantu melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Demikian ulasan tentang Kesalahan Merawat Kulit bisa menyebabkan jerawat. Semoga bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *