Tips merawat rambut rontok untuk kesehatan kulit rambutmu. Adapun faktor yang membuat rambutmu rontok dan tidak sehat.

Tips Merawat Rambut Rontok

Tips Merawat Rambut Rontok – Merawat rambut memang hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan, apalagi jika memiliki rambut yang panjang dan ikal serta tekstur rambut yang kering dan kusut. Selain rambut yang kusut, ada masalah lain seperti rambut rontok dan bercabang yang sangat mengganggu ketika selesai dicatok. Apalagi jika ujung rambut berwarna pirang atau sering diwarnai, maka cabangan rambut akan sangat kentara terlihat.

Tips Merawat Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan masalah yang sebagian besar kerap dihadapi oleh wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa pria juga berpotensi untuk mengalami kerontokan rambut bahkan hingga mengalami kebotakan secara total. Maka dari itu melakukan perawatan pada rambut diperlukan kehati-hatian dan kesabaran demi mendapatkan rambut yang indah bak iklan shampo di televisi. 

Kenapa Rambut Rontok?

Kerontokan pada rambut memang menjengkelkan, selain rambut yang rontok tanpa bisa diprediksi dan kadang mengotori sarung bantal atau lantai karena rambut yang berjatuhan. Ada banyak faktor pendukung, mengalami rambut mengalami kerontokan. Seperti : 

  • Kurangnya asupan zat besi untuk tubuh, mengingat zat besi juga mampu menguatkan akar rambut. 
  • Perubahan hormon, terlebih lagi menjelang haid biasanya rambut akan lebih mudah rontok karena pengaruh hormon di dalam tubuh wanita. 
  • Bawaan genetik entah dari bapak atau ibu juga bisa mempengaruhi ketebalan rambut seorang anak.
  • Stress juga bisa jadi pemicu rambut mengalami rontok, pasalnya ketika anda stress akan lebih banyak pikiran dan membuat kepala dan otak berpikir lebih keras.
  • Pengaruh obat yang sedang dikonsumsi, karena beberapa obat memiliki efek samping hingga membuat rambut rontok seperti obat kemoterapi.
  • Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh penyakit yang diidap oleh tubuh, seperti penyakit kanker, hingga gangguan imun tubuh atau anemia.
  • Kurangnya gizi pada tubuh, usahakan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah dan kurangi makanan yang berasal dari protein hewani. Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi vitamin D. 
  • Kurangnya paparan sinar matahari atau jarang berjemur di pagi hari juga rentan membuat rambut rontok. Karena sinar matahari di pagi hari memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. 
  • Kulit kepala mengalami psoriasis, yakni kondisi dimana kulit kepala seperti bersisik hingga menebal dan jika digaruk akan mengeluarkan darah.

Kenapa Rambut Bisa Bercabang?

Rambut bercabang merupakan kondisi dimana ujung rambut terbelah menjadi dua bagian. Masalah ini terjadi karena perawatan pada rambut yang kurang tepat atau asal-asalan, seperti tidak memakai conditioner setelah menggunakan shampoo. Sama seperti masalah rambut yang rontok, masalah rambut bercabang juga menjadi tugas tersendiri bagi para wanita khususnya. Pasalnya, walaupun kondisi rambut bercabang tidak terlalu kentara seperti rambut rontok namun jika dilihat secara dekat rambut bercabang akan sangat jelas untuk bisa dilihat. Dan, apabila kondisi ini terus dibiarkan maka rambut bisa rusak hingga helaian paling atas.

Faktor Rambut Bercabang

Berikut faktor-faktor yang membuat rambutmu bercabang dan rusak. Apakah salah satunya ada pada dirimu?

Penggunaan Hair Styling

Penggunaan hairdryer dan catokan yang terlalu sering, berpotensi membuat rambut bercabang. Karena suhu yang tinggi dan panas akan membuat rambut terasa kering sehingga sangat mudah untuk membuat rambut bercabang. Sebetulnya tidak masalah jika anda memilih untuk menggunakan catokan dan hairdryer dengan waktu yang sering karena kadang memang lebih cepat terutama jika anda pekerja kantoran. Namun, sebaiknya sebelum melakukan hair styling lapisi dahulu rambut dengan serum rambut atau minyak rambut sehingga lapisan rambut bisa sedikit terlindungi dari panasnya suhu catokan atau hair dryer.

Baca Juga : Mengatasi Rambut Tidak Harum

Efek Cat Rambut

Selain karena penggunaan hair styling dengan intensitas waktu yang sering, nyatanya rambut bercabang juga bisa terjadi karena proses dari pewarnaan rambut. Ketika anda memutuskan untuk mewarnai rambut, maka bahan kimia yang ada di dalam pewarna perlahan-lahan akan mematikan keratin dan melanin yang ada di dalam rambut anda. Terlebih lagi jika melalui proses bleaching berkali-kali maka keratin asli rambut akan menghilang dan lebih mudah membuat rambut rapuh dan bercabang. Karena rambut sudah tidak memiliki nutrisi alami. Jadi, kurangi penggantian warna rambut terlalu sering jika anda tidak mau rambut anda bercabang seperti rambut pada jagung. 

Sering Semprotkan Parfum Rambut

Alih-alih untuk membuat rambut wangi, namun kandungan alkohol yang ada dalam parfum mampu merusak lapisan rambut itu sendiri. Untuk sesekali dipakai memang tidak berdampak apa-apa. Namun, jika terlalu sering digunakan pada rambut parfum rambut bisa membuat rambut terasa kering dan bisa memicu rambut bercabang karena rambut asli terkontaminasi dengan kandungan alkohol. Yuk, lindungi kesehatan rambutmu mulai sekarang!

Tips Merawat Rambut Rontok dan Kering

Setelah membahas soal penyebab mengapa rambut bisa mengalami kerontokan dan bercabang, saat ini waktunya anda mengetahui tips merawatnya. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menjaga rambut anda tetap sehat. 

  1. Rutin Menggunting ujung rambut 

Setiap tahun rambut akan tumbuh sekitar 0,3 – 04 mm. Dan anda tidak akan merasa, bahwa rambut akan tumbuh cepat panjang begitu saja. Dengan rutin melakukan trimming atau memotong ujung rambut anda, nyatanya mampu menghindari masalah rambut bercabang. 

  1. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Memakai masker rambut  ternyata mampu mengurangi masalah kerontokan pada rambut. Sebab masker rambut akan menyerap melalui pori-pori kulit kepala dan menstimulasi akar rambut untuk lebih kuat, sehingga anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada rambut rontok. 

  1. Jangan Sering Mengikat dan Menyisir 

Terlalu sering mengikat dan menyisir rambut dalam keadaan basah mampu membuat kerontokan semakin parah. Pasalnya tarikan pada ikatan dan saat disisir akan menarik rambut dengan kuat, sehingga rambut akan lebih mudah terlepas dari akarnya. Usahakan jangan terlalu mengikat atau menyisir terlalu keras ya! 

Nah, itulah alasan mengapa rambut bisa mengalami kerontokan juga bercabang. Semoga dengan membaca artikel ini, akan lebih memahami dan menemukan jalan keluar dari permasalah rambut rontok dan bercabang ya! Jika anda masih mencari produk hair care yang cocok untuk rambut rontok dan bercabang, Cressindo punya berbagai macam produk hair care yang bisa disesuaikan dengan permasalahan rambut anda. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *