Tips Merawat Kulit Kering Yang Aman Bagi Remaja

Tips Merawat Kulit Kering Yang Aman Bagi Remaja

Permasalahan kulit kering umum terjadi pada sebagian orang termasuk remaja. Permasalahan ini akan berdampak pada penampilan sehingga mengakibatkan tingkat percaya diri menurun dan juga akan buruk bagi kesehatan kulit. Meskipun begitu, ada banyak cara aman bagi remaja yang bisa dilakukan untuk membuat kulit menjadi lembap, lembut, dan terhindari dari kekeringan.

Kulit yang kering menjadi permasalahan yang terjadi oleh sebagian orang, termasuk remaja. Permasalahan kulit ini sering dianggap sepele sehingga tidak langsung ditangani padahal kulit yang kering dapat menimbulkan berbagai resiko buruk seperti kulit terlihat kusam, iritasi pada kulit, dan beresiko terkena infeksi kulit.

Kulit yang kering dapat disebabkan dari paparan sinar matahari berlebih, kesalahan dalam penggunaan produk perawatan, dan pola hidup yang tidak sehat. Diperlukan kesadaran dari diri kita untuk mengatasi kulit yang kering dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering yang aman bagi remaja:

1. Menghindari terlalu lama mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas memang menyehatkan untuk tubuh namun mandi terlalu lama dengan air panas akan memberikan efek buruk bagi kulit.

Suhu dari air panas dapat mengangkat produksi minyak alami kulit yang berguna melindungi kulit tetap lembap dengan lebih cepat dibanding dengan air hangat. Hal ini yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan bersisik.

2. Menggunakan pelembap dan tabir surya

Penggunaan pelembap secara rutin dapat membantu kulit menjadi lebih lembap. Kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan ceramide, shea butter, asam stearat, dan gliserin.

Waktu terbaik untuk menggunakan pelembap adalah sehabis mandi karena kulit masih setengah lembap jadi produk pelembap yang kamu gunakan akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit.

Selain itu penggunaan tabir surya juga penting kamu pakai bahkan ketika kamu sedang dirumah saja. Untuk kamu yang memiliki aktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya guna melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari langsung. Kamu bisa menggunakaan tabir surya dengan minimal 15 SPF.

Jika kamu menghabiskan waktu lama beraktivitas diluar ruangan maka pilihlah tabir surya dengan SPF yang tinggi. Namun disamping penggunaan tabir surya ini, kamu juga harus menggunakan pakaian panjang atau topi untuk menghindari paparan sinar berlebih.

3. Gunakan produk perawatan berbahan lembut

Untuk kamu yang mengalami kulit kering dan sensitif, pemilihan produk perawatan tubuh harus diperhatikkan dengan benar. Pilihlah produk perawatan tubuh atau wajah yang tidak mengandung bahan keras seperti alkohol dan perfume. Dikarenakan kandungan dari kedua bahan ini akan membuat kulitmu iritasi sehingga mudah kering.

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan diangkatnya sel kulit mati ini, penggunaan pelembap akan dapat menyerap dengan baik. Eksfoliasi cukup dilakukan dengan rutin seminggu satu kali. Jangan melakukan eksfoliasi kulit terlalu sering karena akan menyebabkan kulit kamu menjadi iritasi

Pilih juga produk scrub untuk eksfoliasi yang tidak mengandung scrub dengan bulir terlalu kasar.

5. Rutin minum air putih

Rutin minum air putih dapat membantu kamu menutrisi kulit dari dalam karena 75% dari tubuh kita adalah air. Jika kamu kekurangan air putih akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan kulit menjadi rentan kering dan bersisik.

Rutin minum air putih setidaknya 2 liter sehari dengan begitu nutrisi untuk kelembapan kulit akan terpenuhi oleh air dan mencukupi kebutuhan jaringan kulit serta meningkatkan kelenturannya sehingga dapat menghindari permasalahan kulit.

6. Konsumsi Makanan sehat

Kulit tidak hanya memerlukan nutrisi dari luar namun juga dari dalam. Penting bagi kamu untuk memilih makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan kulit, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan K yang diperoleh dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Dikarenakan vitamin mampu meremajakan kulit sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu kulit membutuhkan zat gizi yang penting yaitu lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini akan menjaga kulit tetap lembap dan memperbaiki sel-sel kulit mati yang rusak. Zat gizi ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi ikan berlemak, kacang-kacangan, dan alpukat. Disamping itu semua, kulit juga membutuhkan mineral terutama Zinc yang membantu pertumbuhkan kembali jaringan kulit tetap terjaga dari ancaman kerusakan kulit. Mineral ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan laut, daging tidak berlemak, dan kacang-kacangan.

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan oleh remaja untuk mengatasi permasalahan kulit kering.

Kamu juga bisa menggunakan serangkaian produk perawatan tubuh Am2Pm yang di produksi PT Cressindo Kusuma, produk ini sudah teruji klinis dengan bahan-bahan yang mampu mengatasi permasalahan kulit keringmu.

Bagi kamu yang tertarik ingin masuk ke dunia industri kosmetik dengan memperkenalkan produkmu sendiri, kamu bisa mewujudkannya dengan mendaftarkan diri menjadi bagian dari perusahaan Maklon Kosmetik PT Cressindo Kusuma.

©2022. Jasa Maklon Kosmetik. All Rights Reserved.